Tips ke pulau Kelor Cipir onrust

  1. Berangkat pagi

Kalo mau ke pulau Kelor, Cipir dan Onrus sebaiknya berangkat pagi setelah subuh buat yang dari Jakarta Selatan, Pusat, Bekasi, Bogor atau dari tempat yang agak jauh, karena biasanya untuk yang belum pernah kesana akan kesulitan mencari alamatnya, ini disebabkan karena dermaga Kamal bukan lah dermaga besar Kayak di Angke atau Marina, dermaga Kamal lokasinya agak jauh masuk ke dalam perkampungan dan masih di kelola masyarakat setempat, jadi saran saya berangkat pagi buat antisipasi kalo nyasar.

  1. Gunakan travel lokal

Buat yang mau kesini sebaiknya gunakan travel lokal, karena disini tidak ada kapal khusus yang melayani rute ke pulau Kelor, Cipir dan Onrust, kalo mau sewa kapal biasa akan mahal, apalagi jika jumlah orangnya sedikit akan terasa lumayan berat, ada beberapa travel lokal disana yang biasanya buka open trip kesana, salah satunya adalah travel @pulau.kelor harga nya berkisar antara Rp. 75.000 – Rp. 90.000.

  1. Bawa kaca mata

Ini penting banget buat barang bawaan, pulau pertama yang dikunjungin waktu kesini adalah Pulau Kelor, disebabkan karena jaraknya paling jauh, Pulau Kelor adalah yang terkecil luasnya diantara pulau lain dan yang paling sedikit pohonnya, jadilah pulau ini menjadi sangat panas, apalagi waktu kunjungannya adalah pagi hari ketika matahari mulau naik, jadi kalo mau lihat tuh silau banget, maka bawa kaca mata sangat disarankan.

  1. Bawa minuman sendiri

Disini ada yang jual minuman dan makanan, namun lebih disarankan buat bawa botol minuman sendiri ya, soalnya untuk menghindari sampah yang bisa mengotori laut, apalagi di sekitar pulau ini banyak masyarakat yang menggantungkan aktivitasnya sebagai nelayan, so jangan sampai kita ikut merusak mata pencarian mereka, dan merusak ekosistim laut.

5. Berenang dan main air

Pulau Kelor dan Cipir adalah tempat yang enak buat berenang dan main air, diantara dua pulau ini pulau Kelor lah yang paling bagus pantainya, tapi kalo di Cipir selain bisa berenang kita juga bisa main banana boat, untuk sekali permainannya dikenakan biaya Rp. 80.000, so buat yang punya niat main air jangan lupa bawa baju ganti ya.

  1. Bulu Babi

Nah tips ini sangat penting kalo lagi ketiban sial, biasanya beberapa kali ada yang terkena bulu babi atau landak laut pas berenang, efeknya adalah orang yang terkena akan merasa nyeri dan gatal-gatal, kebanyakan yang kena bulu babi itu pas lagi berenang di Pulau Cipir, maka sebelum berenang sebaiknya hati-hati, jangan berenang terlalu ke dalam, dan untuk antisipasinya sebaiknya bawa anti septik nanti dioleskan agar membantu menguraikan racun bulu babi yang ada di kaki.

  1. Parkir

Untuk parkir motor dan mobil ga usah khawatir, untuk mobil bisa parkir di parkiran yang di kelola warga lokasinya setelah melewati GOR Kamal dan sebelum pasar ikan Kamal, posisinya disebelah kiri, jangan coba-coba bawa mobil melewati pasar ikan, karena ga bakalan bisa jalan, sebab sedang ada pasar dan baru sepi sekitar jam 09.00 – 10.00.

Kalau untuk motor bisa parkir di dekat TPI atau tempat pelelalngan ikan, atau bisa juga di Masjid Nurul Bahar disamping dermaga Kamal, motor bisa dibawa melewati pasar ikan, untuk biaya parkir berkisar antara Rp.10.000 – Rp. 20.000 mobil dan Rp. 5.000 untuk motor.

  1. Lokasi dan Transportasi

Dermaga Kamal masuk daerah Penjaringan Jakarta Utara, namun sebenarnya dermaga ini lebih mudah dicapai dari Jakarta Barat, tepatnya masuk dari Rawa Buaya/Perempatan Cengkareng, menuju Dadap dan ke arah GOR/Stadion Kamal, lalu menuju TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Kamal dari tempat pelelangan Ikan Kamal posisi dermaganya ada di sampingnya.

Transportasi menuju ke Kamal, pertama adalah tentukan mau naik apa, kalo rame-rame mendingan naik Taxi Online aja, karena akan lebih murah, misalnya 4-5 orang dari Depok, bisa turun di stasiun Kota, lalu melanjutkan naik Taxi oline, atau jika mau naik angkutan umum bisa naik busway, turun di halte Rawa Buaya atau perempatan Cengkareng, lalu dilanjutkan naik angkutan umum plat hitam jurusan Kamal, nanti turunnya terakhir sampai di Kamal, ongkosnya sekitar Rp. 8.000 – Rp. 10.000.

Kalo mau naik angkutan online sebaiknya pastikan beberapa hal kepada drivernya

– Driver tau alamat dan pernah kesana

– Jika driver ga tau maka bantu dengan cari patokan

– Nyalain maps juga buat mastiin driver ga salah pilih jalan

– Jika ragu sebaiknya tanya, soalnya banyak kejadian driver malah nyasar ke Muara Angke

– Terus koordinasi dengan Tour Leader minta diarahkan dan minta share lokasi

– Untuk alamat di Maps bisa tulis “TPI Kamal”

  1. Makan

Ga perlu repot-repot bawa makan sih karena disini ada yang jualan ditiap pulau, tapi kalo untuk yang jual nasi ada di Pulau Onrust dan Cipir aja, biasnya pulau Onrust selalu dikunjungi pas makan siang, kalo di pulau Kelor cuma ada minuman dan makanan ringan, buat yang mau nyoba kelapa muda ada yang jual ada di pulau Onrust dan Cipir harganya Rp.15.000 – Rp. 18.000.

  1. Penyebrangan

Lama penyebrangan berkisar antara 30-45 menit, nanti kita akan lewat disamping pulau reklamasi, dan pulau bidadari, pilih tempat duduk disebelah kiri kapal biar ga kepanasan, karena posisi matahari ada disebelah kanan, duduk di tengah atau depan posisi paling bagus, jadi kena percikan air pas kapal jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *